Apa yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Air Radiator?

  • Whatsapp
Apa-yang-Perlu-Diperhatikan-dalam-Memilih-Air-Radiator
Foto dari Canva Photos Unlimited

Selain Kita perlu memilih oli, kita juga perlu memilih kualitas dari air radiator untuk mendinginkan radiator kita. Tapi apa saja yang bisa kita pertimbangkan dalam memilih cairan yang begitu penting tersebut?

Cara Pintar Memilih Air Radiator

Seperti yang sudah disebutkan di atas, agar Anda tidak salah dalam memilih, berikut ini merupakan beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan dalam memilihnya.

1. Pilih Faktor Non Corrosive

Non korosif atau tidak membuat keropos adalah pilihan yang tepat dalam memilih air ini. Apabila radiator kita diisi dengan air yang bersifat korosif, maka tak lama kita akan mendapatkan radiator kita berlubang. Salah satu alasan kenapa kita harus membedakan antara air radiator dan air aki adalah hal tersebut.

Tidak cuma soal faktor berbahayanya, sifat korosif ini bisa menjadi pemicu panasnya mesin mobil. Pembakaran yang dihasilkan akan menjadikan panas dari hasil pembakaran korosif ini lebih menambah panasnya mesin mobil Anda.

2. Pilih Cairan Anti-rust untuk Radiator

Anti rust atau anti karat merupakan hal yang wajib harus dimiliki oleh cairan radiator sebab apabila tidak radiator kita juga akan hancur karena itu. Anti karat fungsinya adalah untuk menghilangkan dan juga mencegah karat yang baru hadir di dalam radiator kita. Apabila ini tidak ada yang terjadi adalah radiator kita bisa karatan dan kemudian keropos.

3. Pastikan Anti Boil Water

Selain memastikan dia anti karat dan tidak korosif, kita juga perlu memastikan bahwa air yang kita masukkan ke dalam radiator ini merupakan anti boil water. Memangnya apa itu anti boil water? Itu merupakan air yang tidak mudah mendidih atau memang dibuat untuk memiliki titik didih yang sangat tinggi.

Air seperti ini memang digunakan untuk mendinginkan sesuatu mulai dari CPU sampai dengan mesin. Apabila air kita mudah menguap maka yang terjadi radiator kita berasap. Jika air kita terlalu kental yang terjadi adalah radiator kita macet dan tidak bekerja.

4. Warna Itu Tidak Berefek Apa-apa

Kita selalu tertipu berdasarkan warna dari sebuah radiator water. Padahal warna tersebut sebenarnya tidak memiliki fungsi apa-apa hanya untuk daya tarik Anda saja. Biasanya tujuan pewarnaan ini hanya memang untuk mempercantik bukan karena memiliki kandungan zat tertentu yang bisa mendinginkan mesin Anda lebih baik lagi.

Itu tadi merupakan beberapa tips dalam memilih air radiator. Pilihan mana yang tepat itu akan kembali ke diri Anda sendiri namun pada dasarnya air radiator harus memiliki sifat yang tidak mudah mendidih, menguap, ataupun menimbulkan karat pada radiator.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *