Dikenal Sebagai Rempah Paling Mahal Di Dunia, Berikut Manfaat Saffron Untuk Kesehatan

Dikenal-Sebagai-Rempah-Paling-Mahal-Di-Dunia-Berikut-Manfaat-Saffron-Untuk-Kesehatan
Foto dari Canva

Bunga saffron memiliki bentuk seperti benang halus dan tipis serta berwarna merah. Saffron berasal dari tanaman bunga Crocus Sativus yang merupakan salah satu rempah termahal di dunia. Hal tersebut dikarenakan cara penanaman yang rumit dan membutuhkan teknik khusus dalam pemeliharannya. Berikut beberapa manfaat saffron untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Bunga Saffron Untuk Kesehatan Tubuh

1. Mengontrol Nafsu Makan Dan Mengurangi Berat Badan

Manfaat dari bunga saffron salah satunya yaitu mampu mengontrol nafsu makan dan mengurangi berat badan. Selain itu, manfaat lain dari bunga ini dipercaya dapat mengurangi lingkar perut dan massa lemak total pada pasien yang mengidap penyakit jantung koroner. Jika anda rutin mengonsumsinya, maka anda bisa dengan cepat merasakan manfaat dari bunga satu ini.

2. Menangkal Radikal Bebas

Terdapat banyak sekali kandungan yang terdapat pada bunga ini, salah satunya yaitu mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat melindungi sel-sel pada tubuh agar terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas. Salah satu bahaya dari radikal bebas adalah dapat  menyebabkan berbagai penyakit termasuk penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

3. Membantu Pengobatan Kanker

Manfaat saffron untuk kesehatan selanjutnya adalah dipercaya mampu membantu proses pengobatan kanker yaitu dengan menekan laju pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Kandungan antioksidan pada saffron yang bernama crocin terbukti dapat membuat sel kanker lebih sensitif terhadap kemoterapi. Meskipun demikian, efek antikanker yang ada pada saffron masih perlu diteliti dan dibuktikan secara klinis pada manusia.

4. Meringankan Nyeri Haid Dan Gejala PMS

Nyeri haid pasti selalu dialami oleh semua wanita ketika sedang datang bulan. Rasa sakit yang ditimbulkan bahkan bisa membuat seseorang pingsan. Terdapat kandungan antioksidan dalam saffron yang dipercaya mampu meringankan nyeri pada saat haid. Pasalnya, seseorang yang mengonsumsi kapsul berisi 15 mg saffron sebanyak 2 kali dalam sehari maka gejala fisik dan emosional PMS yang dirasakan lebih ringan.

Secara umum, saffron aman sangat aman untuk dikonsumsi sehari-hari selama dosisnya tidak berlebihan. Efek samping yang akan muncul jika dikonsumsi secara berlebihan adalah sakit kepala, nyeri perut, mual, mulut kering dan mudah mengantuk. Untuk ibu hamil dapat menyebabkan keguguran apabila mengonsumsi lebih dari 5 gram per hari. Jika anda ingin mengonsumsi saffron, ada baiknya jika anda konsultasi pada dokter terlebih dahulu.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.