Inilah 4 Daftar Destinasi Wisata yang Ditutup di Jogja

  • Whatsapp
Inilah-4-Daftar-Destinasi-Wisata-yang-Ditutup-di-Jogja
Foto dari flickr

Ditutupnya wisata di Jogja bukan karena tanpa alasan. Hal ini dimaksudkan untuk memutus rantai virus dan mengurangi pasien positif. Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta menghimbau agar destinasi wisata yang ditutup di Jogja.

Daftar Wisata Jogja yang Ditutup

Meskipun Wisata ditutup, namun hal ini untuk mempersiapkan kondisi selanjutnya. Dinas Pariwisata menghendaki pengelola wisata dalam mengadakan hand sanitizer, thermo scanner, dan sabun cuci. Berikut daftar wisata yang masih ditutup:

1. Pantai Parangtritis

Pantai di daerah Bantul dengan pasir berwarna hitam ini ditutup sejak tanggal 21 Maret. Penutupan dimaksudkan untuk menghindari keramaian orang-orang sehingga menimbulkan kontak fisik. Pemerintah menghimbau untuk tidak mengunjungi Pantai Selatan Bantul ini.

Meskipun begitu, masih belum dipatuhi banyak orang. Banyak kendaraan yang membawa rombongan wisatawan ke Pantai Parangtritis. Namun, saat sampai di tujuan, oleh bagian TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) dihimbau untuk kembali ke rumah dan menetap. Hal ini jika tidak dilakukan maka potensi penyebaran virus akan melonjak.

2. Museum Benteng Vredeburg

Museum ini ditutup dari tanggal 16 Maret 2020 hingga 30 Maret 2020. Namun saat ini diperpanjang karena kondisi yang masih belum memungkinkan. Wisatawan diimbau untuk jangan datang terlebih dahulu ke museum. Jadwal terbaru bisa dilihat di akun instagramnya.

Museum ini paling banyak ditunggu wisatawan setelah pandemi berakhir. Retribusinya yang murah dan tempatnya yang instagramable membuatnya sering dikunjungi. Selain itu juga dapat menikmati suasana tempo dulu di bangunan bersejarah. Tak hanya itu, letaknya juga strategis di selatan alun-alun.

3. Candi Sambisari

Candi ini ditutup untuk kunjungan wisatawan mulai pertengahan Maret. Setelah itu, ternyata ada perpanjangan masa penutupan sesuai himbauan Dinas Pariwisata. Hal ini dilakukan setelah melihat perkembangan wabah yang masih meningkat. Jadi, penutupan diperpanjang hingga kondisi mulai membaik.

Perpanjangan ini juga sudah dilakukan koordinasi dengan BPCB DIY. Tak hanya Candi Sambisari, beberapa candi lainnya seperti Prambanan, Ratu Boko, Ijo, Kalasan juga diadakan perpanjangan penutupan. Perpanjangan dilakukan untuk menekan penyebaran wabah terkhusus di kawasan cagar budaya.

4. Taman Pintar

Taman Pintar ditutup untuk kunjungan wisatawan mulai 2 April lalu. Hal ini dilakukan selain untuk menekan penyebaran wabah, juga karena jumlah pengunjung yang sedikit. Penutupan juga untuk menerapkan kebijakan physical distancing . Namun tetap menyediakan layanan literasi via instagram dengan postingan berkala.

Jumlah pengunjung hanya sekitar 2 hingga 8 orang. Terhitung sejak 26 Maret hingga 1 April sudah tidak ada lagi kunjungan wisatawan ke Taman Pintar. Meskipun tutup namun benda-benda koleksi tetap dilakukan perawatan rutin. informasi terkait dibukanya kembali masih belum ada.

Itulah beberapa daftar destinasi wisata yang ditutup di Jogja sementara waktu. Tetap lihat informasi jadwal sebelum berlibur ke wisata Jogja agar tak kecewa saat sampai di tujuan. Tetap jaga kebersihan dan kesehatan selama berlibur. Bukan karena kasus yang positif sudah tidak ada namun tetap harus waspada.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *